Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makan dan Minum sambil berdiri Hukumnya apa? Begini Penjelasannya

Minum sambil berdiri Hukumnya apa
Minum sambil berdiri Hukumnya apa

RUMAHOKSIGEN.COM - Tahukah kamu, makan dan minum sambil berdiri hukumnya apa? Mari simak pembahasan rumahoksigen.com berikut ini agar kamu bisa tahu hukum dan dasar dalilnya secara jelas. 

Beredar informasi yang menyebutkan bahwa minum dan makan sambil berdiri tidak boleh. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa minum sambil berdiri boleh-boleh saja.

Karena itulah, masyarakat khususnya kaum muslimin merasa bingung minum sambil berdiri hukumnya apa. 

Untuk mengetahui hukumnya seperti apa dan pendapat ulama seperti apa, maka kamu perlu menyimak Hadits larangan makan dan minum sambil berdiri latin, Arab, dan artinya berikut ini. 

Hadits Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri

Larangan minum dan makan sambil berdiri pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadist yang berbunyi;

عَنْ أَنَسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا قَالَ قَتَادَةُ فَقُلْنَا فَالْأَكْلُ فَقَالَ ذَاكَ أَشَرُّ أَوْ أَخْبَثُ

Artinya: Dari sahabat Anas RA, dari Nabi Muhammad SAW bahwa ia melarang seseorang meminum sambil berdiri. Qatadah berkata. Kami bertanya: Kalau makan bagaimana? Rasul menjawab: Itu lebih buruk atau lebih keji. (HR Muslim).

Hadist di atas dengan tegas melarang umat Islam untuk minum dan makan sambil berdiri. Karena memang perbuatan tersebut sangat-sangat buruk. 

Meski begitu, ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa makan dan minum sambil berdiri dibolehkan. Hal ini seperti hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah berikut ini:

 عن ابن عمر قال كنا نأكل على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم ونحن نمشي ونشرب ونحن قيام

Artinya: Dari sahabat Ibnu Umar RA, ia bercerita: Kami makan di masa Rasulullah sambil berjalan. Kami minum sambil berdiri. (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Hadist di atas menjelaskan bahwa makan sambil berdiri (jika ada suatu hajat) memang dibolehkan. Tetapi ketika memang tidak ada hajat, maka sebaiknya makan dan minum sambil duduk.

Makan dan Minum Sambil Berdiri Hukumnya Tidak Haram

Karena ada perbedaan pendapat mengenai hadist di atas, lantas Hukum makan dan minum dalam Islam ketika dilakukan sambil berdiri bagaimana? 

Melansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV (22/7/2022), Buya Yahya menjelaskan bahwa makan sambil berdiri pernah dilakukan oleh sahabat Nabi. 

"Sahabat di jaman Nabi pernah makan sambil berdiri dan makan sambil berjalan. Tetapi Nabi tidak melarangnya," kata Buya Yahya.

Ia melanjutkan, Nabi juga pernah makan sambil berdiri. Akan tetapi memang untuk sunnahnya adalah makan sambil duduk. 

"Makan sambil berdiri bukan sesuatu yang haram, akan tetapi yang paling baik adalah dengan duduk," lanjutnya.

Untuk penjelasan lengkap dari Buya Yahya, kamu bisa menyimak video berikut ini.

Penutup

Jadi sekarang sudah tahu kan, makan dan minum sambil berdiri Hukumnya apa? Semoga apa yang rumahoksigen.com sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Posting Komentar untuk "Makan dan Minum sambil berdiri Hukumnya apa? Begini Penjelasannya"