Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menabung di Celengan agar Cepat Banyak

Cara menabung di celengan agar Cepat banyak
Cara menabung di celengan agar Cepat banyak

RUMAHOKSIGEN.COM - Bagi kamu yang ingin mengumpulkan uang, cara menabung di celengan agar cepat banyak sebenarnya sangat mudah sekali. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. 

Belakangan memang banyak sekali yang mencari cara menabung di celengan agar cepat banyak. Karena itulah, dalam artikel ini rumahoksigen.com akan membahasnya untuk kamu semua.

Tips menabung di celengan sebenarnya sudah sangat banyak tersedia di internet. Hanya saja mungkin kamu belum menemukan metode dan tips yang tepat. 

Namun tenang, dengan mengikuti beberapa tips dari rumahoksigen.com, kamu bisa mengumpulkan uang yang banyak hanya berbekal celengan saja. 

Cara Menabung di Celengan agar Cepat Banyak

Tercatat, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk bisa menabung dengan cepat. Beberapa tips tersebut telah rumahoksigen.com rangkum sebagai berikut.

1. Tentukan Tujuan Menabung

Cara menabung di celengan agar Cepat banyak
Cara menabung di celengan agar Cepat banyak

Tips agar bisa menabung setiap hari yang harus kamu lakukan yakni menentukan tujuan menabung. Kamu harus tahu tujuan menabung yang kamu jalankan itu untuk apa. 

Misalnya saja, kamu menabung untuk membeli suatu barang, untuk berlibur ke suatu tempat, hingga untuk memberikan hadiah bagi seseorang. 

Tujuan menabung sangat penting untuk kamu tentukan terlebih dahulu. Mengingat, dengan adanya tujuan yang jelas, maka nabung jadi lebih semangat.

2. Tentukan Target dan Waktu Menabung

Tips agar bisa menabung setiap hari di rumah yakni menentukan target dan waktu menabung. 

Misalnya saja kamu akan menabung selama dua bulan atau satu bulan dengan target uang terkumpul hingga satu jutaan atau 2 jutaan. 

Jadi jika kamu kamu ingin mendapatkan uang 1 juta dalam satu bulan, maka kamu perlu menyisihkan uang 33 ribu atau 34 ribu setiap hari. 

Jumlah tersebut tidak boleh kurang agar target menabung selama satu bulan bisa tercapai dengan baik. 

3. Membuat Anggaran untuk Mengelola Keuangan

Cara menabung di celengan agar Cepat banyak
Cara menabung di celengan agar Cepat banyak

Cara menabung dengan cepat untuk beli HP yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat anggaran untuk mengelola keuangan. 

Jadi misalkan dalam satu bulan kamu memiliki pendapatan 500.000, maka kamu dapat menyisihkan untuk kebutuhan primer seperti transportasi, makan, dan menabung.

Nah untuk pembagiannya, kamu bisa memakai rumus berikut ini:

Dana transportasi: Rp 100.000

Dana makan: Rp 300.000

Dana tabungan: Rp 100.000

Rumus ini lebih mengedepankan kebutuhan primer terlebih dahulu. Kemudian sisanya untuk menabung. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kewalahan dalam mengelola keuangan sehari-hari. 

4. Gunakan Tabel Menabung

Tips menabung cepat untuk pelajar yang bisa kamu lakukan yakni dengan membuat tabel menabung. 

Tabel seperti ini sebenarnya cukup efektif, karena kamu akan lebih teringatkan dengan aktivitas menabung setiap hari di rumah. 

Jadi salam satu hari, ketika kamu menabung, maka kamu bisa mencentang tabel tersebut sebagai bukti bahwa hari itu kamu menabung. 

Dengan cara sederhana ini, maka kamu bisa menabung di celengan dengan cepat dan konsisten. 

5. Simpan Uang Recehan

Cara menabung di celengan agar Cepat banyak
Cara menabung di celengan agar Cepat banyak

Bagaimana cara menabung harian? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyimpan uang recehan. 

Jangan abaikan uang recehan karena nominalnya kecil. Karena jika sudah terkumpul banyak, nantinya akan jadi membukit. 

Uang recehan yang kamu temukan di jalan bisa kamu ambil untuk dimasukkan ke celengan. Jangan malu, karena kamu akan memetik hasilnya di akhir nanti.

6. Kurangi Nongkrong Tidak Jelas

Bagaimana cara menabung untuk pemula? Nah cara yang selanjutnya yakni dengan mengurangi nongkrong dan aktivitas tidak produktif lainnya. 

Karena nongkrong hanya membuat kamu mengeluarkan uang banyak. Karena itu, jika kamu sedang nabung akan sangat susah untuk mengumpulkan uang. 

Sebaiknya kamu alihkan waktumu untuk kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat. Tujuannya agar kamu lebih mengontrol diri dan bisa berhemat.

7. Kurangi Belanja

Terakhir, cara menabung 1 juta dalam sebulan yakni dengan mengurangi belanja. Jadi saat periode menabung, kamu wajib puasa belanja. 

Tujuannya agar uang yang kamu kumpulkan bisa cepat banyak. Selain itu  cara ini juga akan membuat kamu lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Sehingga, nantinya kamu akan jadi pribadi yang lebih bijak dalam membelanjakan uang. 

Penutup

Demikianlah bener cara menabung di celengan agar cepat banyak yang dapat kamu terapkan. Silahkan ikuti beberapa tips di atas ya. Semoga apa yang rumahoksigen.com sampaikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman semua.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menabung di Celengan agar Cepat Banyak"