Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri

Hadits larangan makan dan minum sambil berdiri
Hadits larangan makan dan minum sambil berdiri

RUMAHOKSIGEN.COM - Dalam agama Islam, kita tidak dianjurkan untuk makan dan minum sambil berdiri. Bahkan ada hadits larangan makan dan minum sambil berdiri loh. 

Beberapa hadits larangan makan dan minum sambil berdiri ini perlu kita ketahui bersama. Agar nantinya bisa lebih bijak saat makan ataupun minum. 

Hadits makan dan minum mungkin sudah sering kamu dengar. Karena beberapa hadist berikut memang sangat populer dan terdapat pada bait kata-kata bijak. Kira-kira seperti apa sih hadistnya? Mari simak pemaparan dari rumahoksigen.com berikut ini. 

Hadits Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri

Setelah rumahoksigen.com telusuri lebih dalam, ada beberapa hadist yang menjelaskan tentang larangan makan dan minum sambil berdiri. Beberapa hadist tersebut telah rumahoksigen.com rangkum sebagai berikut.

1. Makan dan Minum Sambil Berdiri sangat Jelek

Rasulullah menjelaskan bahwa orang yang makan dan minum sambil berdiri, maka perbuatan tersebut sangat buruk dan jelek. 

Hal ini sesuai dengan Hadits larangan makan dan minum sambil berdiri latin, Arab, dan artinya sebagai berikut.

عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا

Artinya: Dari Nabi SAW bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. "Qatadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab: "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR Muslim).

2. Hadits Layas Robbana (Larangan Minum Sambil Berdiri)

Selanjutnya ada hadist yang dengan tegas melarang untuk minum sambil berdiri. Bahkan jika sudah terlanjur, kita harus memuntahkannya. 

Untuk Hadits larangan minum sambil berdiri Arab, dan artinya, kamu bisa menyimaknya di bawah ini. 

لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِىَ فَلْيَسْتَقِئْ

Artinya: "Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan." (HR Muslim).

3. Hadits Jangan Minum Sambil Berdiri

Berikutnya ada juga hadist tentang larangan minum sambil berdiri. Hanya saja hadist kali ini periwayatnya adalah At Tirmidzi. Untuk bacaannya sebagai berikut.

أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن الشرب قائما

Artinya: "Bahwa Nabi SAW melarang minum sambil berdiri." (HR At Tirmidzi , beliau berkata: hadits ini gharib dan hasan. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 1880).

4. Hadits Larangan Minum Sambil Berdiri

Terakhir, ada juga hadist yang menceritakan larangan minum sambil berdiri. Hadist ini juga sangat populer di kalangan pelajar. Bahkan sering digunakan sebagai bahan ajar untuk anak TK dan SD. 

Lantas seperti apa hadits larangan makan dan minum sambil berdiri untuk anak TK? Simak bacaannya sebagai berikut.

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

Artinya: "Nabi SAW sungguh melarang dari minum sambil berdiri. (HR Muslim).

Dari beberapa hadist di atas, tentunya kita bisa belajar bahwa minum dan makan sambil berdiri sangat tidak dianjurkan oleh Rasulullah. 

Karena itulah, ketika makan dan minum, alangkah baiknya dilakukan sambil duduk. Selain sesuai sunnah, kita juga akan lebih sehat.

Penutup

Demikianlah beberapa hadits larangan makan dan minum sambil berdiri. Sudah sangat jelas seperti apa hadistnya bukan? Semoga informasi rumahoksigen.com kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Posting Komentar untuk "Hadits Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri"