Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Arti Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh

arti bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
arti bersatu kita teguh bercerai kita runtuh

RUMAHOKSIGEN.COM - Dalam artikel ini, rumahoksigen.com akan membahas mengenai arti bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Kamu bisa menyimak informasi berikut agar tahu arti selengkapnya. 

Seperti yang kita tahu, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh itu adalah semboyan dari Pancasila, tepatnya pada sila ketiga. Sila yang ketiga berbunyi "persatuan Indonesia". 

Sila tersebut menandakan bahwa masyarakat Indonesia harus bersatu. Meski berbeda latar belakang suku, budaya, agama, tetapi harus tetap satu.

Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh adalah semboyan yang sering digunakan untuk meningkatkan rasa persatuan, kesatuan, dan semangat untuk menjunjung tinggi persaudaraan antar bangsa. 

Karena itulah, semboyan ini memiliki makna dan arti yang cukup mendalam. Untuk mengetahui arti selengkapnya, kamu bisa menyimak informasi berikut.

Arti Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh

Mungkin kamu sudah sering mendengar slogan atau bahkan melihat kata-kata bersatu teguh di poster. Bahkan dahulu kala, slogan ini juga dipakai di sinetron Ronaldo Wati loh. 

Berdasarkan informasi yang admin  rumahoksigen.com dapatkan, arti dari kalimat "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh" adalah menggambarkan tentang persatuan. 

Jadi sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama, maka tujuannya akan lebih mudah tercapai. Sementara sesuatu yang dilakukan sendirian makan akan sangat sulit untuk bisa tercapai. 

Persatuan ini harus kita jaga agar tidak terjadi perpecahan antar bangsa. Karena jika bangsa Indonesia terpecah belah, maka akan sangat mudah untuk disusupi oleh bangsa asing. 

Adapun beberapa contoh tindakan yang mencerminkan persatuan bangsa yaitu: 

1. Selalu bersikap sopan dan saling menghormati kepada orang lain, terutama yang lebih tua. 

2. Tidak menghina orang lain, apalagi jika berbeda budaya dan asal daerah.

3. Senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan tidak menjelek-jelekkan orang lain. 

Penutup

Nah itulah pembahasan tentang arti bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Semoga informasi dari admin  rumahoksigen.com ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Posting Komentar untuk "Inilah Arti Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh "