Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya Lengkap!

contoh teks diskusi beserta strukturnya
contoh teks diskusi beserta strukturnya

RUMAHOKSIGEN.COM - Pada kesempatan kali ini, rumahoksigen.com akan membagikan contoh teks diskusi beserta strukturnya. Kamu bisa jadikan contoh berikut ini sebagai bahan referensi membuat teks diskusi. 

Teks diskusi merupakan sebuah teks yang berupa narasi dan berisi argumentasi mengenai isu atau persoalan yang terjadi di masyarakat saat ini. 

Saat berdiskusi tentang ada sebagian orang yang memiliki pendapat berbeda. Hal ini sangat wajar sekali, karena setiap orang memiliki pandangan masing-masing terkait isu yang ada. 

Perbedaan pendapat ini bisa dijadikan bahan untuk menguji suatu permasalahan. Sehingga nantinya kita akan mendapatkan jawaban yang lebih tepat. Sebelum membuat teks diskusi, kamu perlu mengetahui strukturnya.

Struktur Teks Diskusi

Tercatat, teks diskusi memiliki tiga struktur, yakni pendahuluan, isi, dan penutup. Untuk penjelasannya sebagai berikut. 

1. Pendahuluan

Pendahuluan dalam teks diskusi berisi mengenai gambaran umum mengenai fenomena yang akan didiskusikan. Pada bagian ini akan dipaparkan mengenai permasalahan secara sekilas. 

Misalnya permasalahan mengenai penghapusan ujian nasional. Nantinya akan disinggung terkait isu-isu penghapusan ujian nasional. 

2. Isi Diskusi

Pada bagian isi diskusi akan berisi mengenai rangkaian pendapat dan argumentasi mengenai isu permasalahan diskusi. Argumentasi harus berisi mengenai pernyataan logis tentang permasalahan. 

Umumnya dalam sebuah diskusi akan ada pandangan yang berbeda. Namun tak jarang jika topik yang dibahas sangat menyentuh anggota, maka kemungkinan pendapat akan pro semua.

3. Simpulan dan Saran

Terakhir ada bagian simpulan dan saran. Bagian ini akan berisi mengenai kesimpulan dari permasalahan yang telah didiskusikan. Simpulan ini berisi mengenai kesimpulan dari pendapat pro dan pendapat yang kontra. 

Sementara untuk bagian saran, umumnya akan berisi mengenai evaluasi dari argumen yang telah disampaikan serta membuat rekomendasi atau saran jalan tengah dari sebuah diskusi yang telah dilaksanakan.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Setelah mengetahui beberapa struktur dari teks diskusi, sekarang rumahoksigen.com akan memaparkan contoh teks diskusi yang Singkat. Contoh singkat ini akan mengangkat tema tentang sampah. 

Lantas seperti apa sih contoh teks diskusi tentang sampah? Mari simak contohnya dari admin rumahoksigen.com berikut ini. 

Pendahuluan

Sampah memang menjadi permasalahan yang cukup serius. Bagaimana tidak, lingkungan yang kita tempati ini kini mulai tercemar dengan sampah yang telah kita gunakan sendiri.

Misalnya saja sampah rumah tangga. Sampah tersebut jumlahnya bahkan lebih banyak. Tak jarang sampah rumah tangga menjadi sampah yang paling berserakan di lingkungan.

Isi Diskusi

Limbah rumah tangga sejatinya termasuk dalam sampah organik. Karena umumnya hanya berisi mengenai bahan makanan sisa atau bahan baku rumah tangga lainnya. 

Hanya saja kebanyakan sampah rumah tangga dalam bentuk basah. Sehingga sulit untuk terurai dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan metode penimbunan sampah di lahan. Metode seperti ini bisa membuat sampah cepat terurai dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. 

Namun di sisi lain, ketersediaan lahan kosong di tengah-tengah masyarakat sudah semakin menipis. Selain itu, tidak semua masyarakat peduli dengan jenis sampah organik dan anorganik. 

Karenanya banyak masyarakat yang lebih memilih membuang sampah di tempat penampungan sampah. Dari tempat tersebut nantinya akan dikirim ke tempat pembuangan akhir sampah. 

Simpulan dan Saran

Pada dasarnya, sampah dapat diolah jika kita mau memilah sampah organik dan anorganik. Misalnya saja sampah organik bisa dijadikan pupuk sementara sampah anorganik bisa diolah kembali jadi bijih plastik. 

Oleh karena itulah, alangkah baiknya jika kita bisa lebih bijak lagi untuk memilah sampah dan membuang sampah. Jangan asal buang dan mencampuradukkan sampah begitu saja.

Penutup

Demikian contoh teks diskusi beserta strukturnya yang dapat rumahoksigen.com bagikan. Kamu sudah tahu seperti apa struktur dari teks diskusi serta dapat menjadikan contoh tersebut sebagai bahan pembuatan teks yang baru. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya Lengkap!"