Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Berita Singkat yang Mengandung Unsur 5W+1H

contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5w+1h
contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5w+1h

RUMAHOKSIGEN.COM - Pada kesempatan kali ini, rumahoksigen.com akan membagikan contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5W+1H. Contoh berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk kamu yang hendak membuat teks berita. 

Karena masih banyak sekali yang bingung dengan teks berita yang ada unsur 5W+1H nya. Karena itulah, rumahoksigen.com berinisiatif untuk membuat contoh teks berita beserta Strukturnya agar kamu lebih memahaminya. 

Unsur 5W+1H merupakan unsur yang wajib dalam sebuah berita. Unsur tersebut terdiri dari What (apa), When (kapan), Where (dimana), Who (siapa), Why (mengapa), dan How (bagaimana).

Contoh Teks Berita Singkat yang Mengandung Unsur 5W+1H

Contoh Teks Berita Singkat yang Mengandung Unsur 5W+1H
Ilustrasi banjir, sumber gambar: unsplash.com/prabu-panji

Perlu diketahui, dalam contoh teks berita ini, kami akan mengangkat tema tentang banjir di pantura Jawa Tengah. Admin rumahoksigen.com tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun. Karena ini murni contoh yang admin rumahoksigen.com buat sendiri. 

Lantas seperti apa contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5w+1h tentang banjir? Simak contoh berikut ini.

Judul Berita: Daerah Pesisir Utara Jawa Terendam Banjir, Ternyata Ini Penyebabnya

Unsur What (Apa)

Banjir rob umumnya terjadi akibat meluapnya air laut ke daratan. 

Unsur Where (Dimana)

Baru-baru ini bencana banjir rob kembali terjadi di wilayah Pantai Utara, Jawa Tengah. Banjir tersebut menenggelamkan daratan pesisir Jawa Tengah dengan ketinggian hampir 2 meter. 

Unsur When (Kapan)

Diketahui, banjir rob terjadi pada Senin sore, 23 Mei 2022. Video detik-detik terjadinya banjir rob juga ramai beredar di media sosial. 

Bahkan banyak juga masyarakat yang mengabadikan dirinya yang tengah terendam banjir rob ini. 

Unsur Who (Siapa)

Tercatat, ada beberapa daerah pesisir di Jawa Tengah yang terendam banjir rob. Diantaranya yakni Semarang, Batang, Pekalongan, Pemalang, hingga Tegal. 

Masyarakat yang terdampak banjir kemudian dievakuasi oleh tim SAR gabungan. 

Unsur Why (Mengapa)

Menurut Gubernur Jawa Tengah, rumah oksigen com, banjir rob terjadi akibat gelombang laut yang tinggi dan diperparah dengan tanggul yang jebol. 

"BPBD sebelumnya telah mengingatkan bahwa gelombang laut akan tinggi hingga 2 meter. Hal ini yang membuat air laut meluap ke daratan," kata rumah oksigen. 

"Hal ini diperparah lagi dengan tanggul yang jebol. Jadi tanggul di sana itu tidak kuat menahan volume air sehingga banjir rob tidak bisa terhindarkan," lanjutnya.  

Unsur How (Bagaimana)

Menurut rumah oksigen, pihaknya akan menindaklanjuti tanggul yang jebol ini. Ia akan melihat secara langsung bagaimana kondisinya kemudian menerapkan kebijakan agar suatu hari tidak terjadi banjir lagi.

"Kami akan segera menindaklanjuti tanggul yang jebol ini. Apakah nantinya perlu ditambal atau diganti. Ya kita lihat saja nanti, kami akan berusaha semaksimal mungkin agar kejadian ini tidak terulang di masa yang akan datang," kata rumah oksigen. 

Penutup

Demikianlah contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5W+1H yang dapat rumahoksigen.com bagikan. Semoga dengan contoh ini, bisa memberikan pemahaman yang lebih untuk kita semua. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Berita Singkat yang Mengandung Unsur 5W+1H"