Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan Kaktus Beserta Strukturnya

Teks deskripsi tentang tumbuhan kaktus
Ilustrasi tanaman kaktus

RUMAHOKSIGEN.COM - Contoh Teks deskripsi tentang tumbuhan kaktus beserta strukturnya akan kami sajikan dalam artikel ini. Simak terus hingga selesai ya, agar kamu tahu contohnya.

Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek secara detail. Dengan adanya teks deskripsi, maka pembaca bisa mengetahui gambaran terkait objek yang dideskripsikan. 

Jenis teks yang satu ini tentunya memiliki struktur tersendiri. Adapun struktur teks deskripsi terdiri dari identifikasi atau gambaran umum, deskripsi bagian, dan simpulan.

Keseluruhan struktur tersebut wajib ada dalam teks deskripsi. Karena jika ada salah satu yang tidak ada, maka teks menjadi tidak lengkap.  

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan Kaktus

Seperti yang telah saya sampaikan di atas, dalam artikel ini saya akan membagikan contoh teks deskripsi. Contoh kali ini mengambil tema tentang tanaman kaktus. 

Kamu bisa gunakan contoh berikut sebagai bahan belajar dan referensi pembuatan teks. Sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan teks yang lebih bagus lagi. 

Identifikasi/ Gambaran Umum 

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata "kaktus"? Tumbuhan berduri? Gersang? Gurun pasir? Kata-kata tersebut memang bisa mendefinisikan tanaman kaktus. 

Umumnya kaktus menjadi tanaman yang banyak ditemui di dataran gurun. Tumbuhan yang satu ini dapat bertahan hidup di tengah gurun tandus dan tanpa air. 

Tak heran jika tanaman kaktus identik dengan gurun pasir yang tandus tanpa air. Meski begitu kita tetap bisa menjumpai tanaman ini di Indonesia yang beriklim tropis kok. 

Deskripsi Bagian

Dari bentuk fisik, kaktus berbentuk seperti batang lunak yang menjulur tinggi. Tanaman ini memiliki daun berbentuk duri. Tujuannya agar dapat mengurangi penguapan air lewat daun. 

Sementara itu, bagian batang kaktus biasanya digunakan untuk menyimpan cadangan air. Tumbuhan ini bisa menyimpan air dalam waktu yang cukup lama. Sehingga ia bisa bertahan hidup di tengah gurun tandus. 

Beberapa jenis kaktus memiliki bunga dan buah. Bunga kaktus ini ada yang berwarna merah, kuning, hingga putih. Tentunya bunga kaktus memiliki tampang yang indah untuk kita lihat. 

Meski identitas dengan gurun pasir, tetapi tanaman kaktus juga bisa hidup di iklim tropis. Salah satunya di Indonesia, kita bisa menjumpai kaktus subur di tanah air.

Simpulan 

Tanaman kaktus memang identik dengan gurun pasir. Batangnya dipenuhi daun berbentuk duri yang berguna untuk mengurangi penguapan. Kaktus juga memiliki bunga yang indah dengan berbagai macam warna.

Penutup

Demikianlah contoh Teks deskripsi tentang tumbuhan kaktus yang dapat saya bagikan. Semoga informasi yang saya sajikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan Kaktus Beserta Strukturnya"