Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Deskripsi Tentang Bunga Matahari Beserta Strukturnya

Teks deskripsi tentang bunga matahari
Teks deskripsi tentang bunga matahari

RUMAHOKSIGEN.COM - Dalam artikel ini, rumahoksigen.com akan membagikan contoh Teks deskripsi tentang bunga matahari beserta strukturnya secara lengkap. Kamu bisa ikuti tutorial berikut agar tahu teksnya. 

Umumnya siswa akan diperintahkan untuk membuat teks deskripsi tentang bunga matahari 3 paragraf. Namun kali ini, rumahoksigen.com membuatnya sedikit lebih panjang. 

Tujuannya agar pembahasan pada teks bisa lebih mendalam. Sehingga pembaca bisa lebih paham dengan informasi yang rumahoksigen.com sampaikan.

Dengan teks deskripsi ini, kamu bisa mengembangkannya lagi. Tujuannya agar bisa tercipta teks yang lebih bagus dan baik. Oleh karena itu, jangan kopi mentah-mentah teks berikut ya.

Teks Deskripsi Tentang Bunga Matahari

Sekedar informasi, teks deskripsi memiliki tiga struktur yang harus selalu ada. Struktur tersebut diantaranya gambaran umum, deskripsi bagian, dan simpulan. rumahoksigen.com telah merangkum teksnya di bawah ini.

Gambaran Umum

Bunga matahari merupakan sebuah tanaman hias yang cukup populer. Tanaman yang satu ini biasa dimanfaatkan biji dan diambil minyaknya. 

Biji matahari bisa diolah menjadi cemilan bernama kuaci. Sementara minyak bunga matahari umumnya digunakan sebagai pendamping diet dan bahan pembuatan makanan. 

Tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa bunga matahari merupakan bunga pembawa berkah. Pasalnya, selain memiliki tampilan yang cantik, bunga ini juga kaya akan manfaat.  

Deskripsi Bagian

Jika kita lihat secara sekilas, bentuk bunga matahari sedikit membulat. Bagian tengah merupakan inti bunga yang juga memiliki biji. Sementara itu, ada kelopak bunga yang mengelilingi mahkotanya. 

Umumnya bunga matahari berwarna kuning. Namun ketika sudah siap panen, maka warnanya akan berubah menjadi kuning kecoklatan. Saat sudah layu, kelopak bunga akan mengering. 

Selain itu biji bunga juga akan lebih mudah lepas. Saat terkena getaran sedikit saja biji bunga matahari bisa langsung lepas. Biji bunga matahari bisa diolah menjadi makanan bernama kuaci.

Minyak bunga matahari juga memiliki khasiat yang baik untuk melawan penyakit. Dalam minyak bunga matahari terdapat 80% hingga 90% asam oleat, kemudian kultivar untuk pangan memiliki hanya 25% asam oleat. 

Minyak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan minyak goreng, campuran salad, pembuatan roti, dan lain sebagainya. Bunga ini juga dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis. 

Kesimpulan

Bunga matahari memiliki bentuk dan warna yang cantik. Ketika bunga ini diolah, maka bisa menghasilkan kuaci dan minyak. Olahan bunga matahari memiliki nilai jual yang cukup mahal. 

Penutup

Demikianlah contoh Teks deskripsi tentang bunga matahari lengkap dengan strukturnya. Kamu bisa membaca secara berulang-ulang agar bisa lebih paham. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Posting Komentar untuk "Teks Deskripsi Tentang Bunga Matahari Beserta Strukturnya"